Minggu, 31 Juli 2011

Profil Sancang


Sancang punya bentuk pantai yang unik. Terletak di Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya. Jaraknya 90 Km dari Kota Garut, dan 180 Km dari Bandung. Luas kawasan konservasi Sancang mencakup hutan dan pantainya mencapai lebih dari 2000 Ha. Yang membedakan Pantai Sancang dengan pantai lain di selatan Jawa Barat ialah adanya hamparan beting sejauh kurang lebih 30 meter dari bibir pantai memisahkan lautan lepas, sehingga ombak dari Samudera Indonesia tidak sampai ke pantai waktu laut sedang surut.
Bening dengan air jernih dan dangkal, padang lamun yang subur, terumbu karang dan koral-koral gosong sepanjang garis pantai menjadikan Sancang bak kolam ikan air laut raksasa yang sangat menawan dan membuat hati merasa puas setelah melakukan perjalanan menuju pantai kurang lebih selama 2 jam, karena memang tidak ada akses kendaraan bermotor ke pantai Sancang.
Selain itu jika kita menyusuri setiap bibir pantai maka muara-muara sungai kecil yang berair tawar akan terasa sangat menyegarkan. Ranting-ranting dan batang pohon tumbang yang diterjang ombak seolah menunjukkan keganasan ombak yang merajalela.
Pantai Sancang langsung berbatasan dengan hutan lebat yang teduh. Di sana-sini terdapat sulur-sulur akar dan batang pohon berukuran besar yang menjorok ke arah pantai. Bahkan ada akar pohon yang membentuk terowongan kecil, sungguh unik dan cantik. Pasir di pantainya putih namun berbutiran kasar, pecahan kulit mollusca dan sisa-sisa tumbuhan yang mati mudah ditemukan karena tercecer di bibir pantai. Umang berbagai bentuk, kepiting berkulit putih, kepiting merah dan transparan berukuran seujung jari sampai sekepalan tangan membuyar berlarian seiring jelajah langkah kaki kami di sana, rumput laut yang menjumput dan sisa-sisa kulit kerang yang berwarna gelap hingga terang.
Sancang menawarkan petualangan yang dahsyat. Meski harus menyeberangi muara dan menyusur ke dalam hutan, namun segala kelelahan yang dialami selama perjalanan akan terbayar langsung dengan segala keekostisan pantainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar